Diberdayakan oleh Blogger.

Find Us On Facebook

Jumat, 25 Februari 2022

DAFTAR HADIR LATIHAN

 BUKU CATATAN

DAFTAR HADIR LATIHAN KEPRAMUKAAN



Kepramukaan merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, ahklak, dan budi pekerti luhur. Pendidikan kepramukaan dilakuakn oleh pembina di gugusdepan pramuka.

Pola pembinaan kepramukaan dilakukan melalui latihan rutin. Latihan rutin ini merupakan suatu proses berlatih yang dilakukan dengan sistematis dan berulang-ulang dengan pembebanan yang diberikan secara progresif menarik, menantang yang mengandung pendidikan. Proses kegiatan latihan rutin tersebut harus memenuhi unsur berdampak pada peserta didiknya. Unsur tesebut meliputi perkembangan: a) spritual, 2) emosional, 3) sosial, 4) inteletual, dan 5) fisiknya.

Selain itu, latihan merupakan upaya yang dilakukan pembina pramuka untuk mempersiapkan diri peserta didik sesuai tujuan pendidikan kepramukaan yaitu pramuka berkarakter, nasionalis dan berketrampilan kelak dewasa menjadi orang hidup bahagia di dunia dan diakhiratnya.

Dalam mengembangkan rasa kedisiplinan pada peserta didik sehingga tiap latihan perlu dilakukan pengecekan daftar hadir sebagai bentuk peningkatan perkembangan peserta didiknya.

Buku yang dibutuhkan adalah catatan kehadiran latihan.

KLIK LEBIH LENGKAP: DAFTAR HADIR LATIHAN

0 comment:

Posting Komentar