Diberdayakan oleh Blogger.

Find Us On Facebook

Jumat, 25 Februari 2022

CATATAN UIRAN REGU

 CATATAN IURAN REGU



Dalam penyelengaraan pendidikan kepramukaan dilakukan secara suka dan rela. Tidak ada paksaaan seorang masuk menjadi anggota Gerakan Pramuka. Pada kegiatan pendidikan kepramukaan sistem pendaan diperoleh melalui iuran anggota dan bantuan sumber lain yang tidak mengikat.

Iuran pramuka adalah segala bentuk iuran yang diberlakukan di Gerakan Pramuka untuk melaksanakan kegiatan kepramukaan. Iuran pramuka umumnya berupa uang yang ditentukan berdasarkan kesepatkan anggota. 

Tujuan iuran pramuka bukan saja sebagai wujud kebersamaan menopang operasional keuangan kegiatan kepramukaan. Iuran dalam pendidikan kepramukaan sebagai alat untu membentuk karakter pribadi yang baik bagi pramuka, yaitu menanmkan jiwa komitmen, sara memiliki, disiplin, dermawan, siap berkorban, bekerjasama, dan sebagainya.

Di samping itu, iuran pramuka merupakan bagian dari persyaratan pencapaian kecakapan tertentu dalam Pramuka. Seperti dalam SKU (syarat kecakapan umum) menjadi poin kriteria untuk mencapai tingkatan peserta didik di jenjangnya masing-masing.

Pengelolaan iuran pramuka digunakan untuk kepentingan anggota pramuka di gugusdepan. Pengeloaannya juga dikelola oleh anggota pramuka, sebagai bentuk pembelajaran pengelolaan keuangan yang abik. Dalam prosesnya pramuka diajari bagai mana mencatat iuran regu, cata penggunaan iuran regu dan melaporkannya pada anggota regu.

Jadi iuran dalam pendidikan kepramukaan bukan pungutan liar, tetapi sebagai alat pendidikan agar anak memiliki pribadi jujur, transparan, bertanggungjawab. Nilai karekater inilah yang ingin dibangun oleh pendidikan kepramukaan melalui iuran regu. Pada akhirnya anak akan menjadi warga negarayang baik taat membayar pajak. Sehingga pada dewasanya sebagai warga mengara tidak menjadi penyakit negara yaitu koruptor.


Lebih lengkap klik:CATATAN URAIAN REGU 

0 comment:

Posting Komentar