Diberdayakan oleh Blogger.

Find Us On Facebook

Jumat, 29 Mei 2020





PROGRAM TAHUNAN GUGUSDEPAN


 PENDAHULUAN


Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan untuk kaum muda dengan dukungan dan bimbingan anggota dewasa, terbuka untuk semua, tanpa membedakan asal-usul, ras, suku dan agama, sesuai dengan tujuan, asas-asas dan metode yang dianut Gerakan Pramuka.Gerakan Pramuka didefinisikan sebagai suatu gerakan pendidikan. Ini adalah cirinya yang hakiki. Pendidikan bukan hanya proses memperoleh pengetahuan atau keterampilan tertentu, tetapi sejalan dengan Komisi Internasional tentang Pendidikan untuk Abad Ke-21 (The International Commission on Education for the Twenty-first Century) menyatakan bahwa pendidikan meliputi: (a)  pengembangan kemampuan berpikir atau akal, yaitu “belajar mengetahui”, termasuk “belajar bagaimana belajar” (b) proses untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan tertentu, yaitu “belajar berbuat” (c) pengembangan karakter, “belajar menjadi seseorang”, dan (d) pengembangan sikap dan tingkah laku, “belajar hidup bermasyarakat”.
Arah tujuan dalam pembinaan Pramuka adalah mendidik; bukan menginstruksi, bukan mengajar, tetapi mendidik, yaitu untuk mengeluarkan daya kemampuan dari anak itu, untuk mendidik dirinya sendiri, menurut keinginannya sendiri, menuju ke hal-hal yang akan membentuk karakternya, dengan memperhatikan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Gerakan Pramuka, serta ketentuan-ketentuan pengembangan program pesertadidik yang telah ditetapkan oleh Kwartir Nasional.
Untuk mencapai tujuan esecara efektif dan efisien sehingga peri disusun program dalam susunan rencana kegiatan kerja yang dirancang dan telah disepekati bersama untuk dilaksanakan dalam jangka waktu satu tahun sebagai tolak ukur dalam pencapaian target saat akan melakukan pekerjaan, dan hasilnya akan di evaluasi secara berkala.

1.    Tujuan
Tujuan penyusunan Rencana Kerja Tahunan Gugusdepan adalah:
a.    Menjamin agar tujuan dan sasaran pramuka dapat  dicapai;
b.    Mendukung koordinasi antar pembina ;
c.    Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik intra pelaku di gugusdepan
d.    Menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan dan pengawasan;
e.    Mengoptimalkan partisipasi Mabigus dan masyarakat;
f.     Menjamin penggunaan sumber daya yang ekonomis, efisien, efektif, berkeadilan, berkelanjutan serta memperhatikan kesetaraan gender.
2.    Manfaat
Rencana Kerja Tahunan Gugusdepan bermanfaat memberi arah dan bimbingan kepada para pembina ekstrakurikuler pramuka dalam rangka menuju perubahan atau tujuan sekolah yang lebih baik (peningkatan, pengembangan karakter) dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan.






C.   Dasar Hukum

2.    Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
3.    Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Pramuka.
                          

D.   Sistematika Program

BAB I  PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
B.     Tujuan dan Manfaat
C.    Dasar Hukum
D.    Sistematika Program
BAB II PROFIL GUGUSDEPAN
A.     Identitas Gugusdepan
B.     Visi, Misi dan Tujuan Gugusdepan
C.    Data Potensi Pembina Gugusdepan
D.    Data Potensi Peserta Didik
E.     Keadaan Saranaa dan Prasarana
BAB III PROGAM TAHUNAN GUGUSDEPAN
BAB IVRENCANA ANGGARAN KERJA TAHUNAN
BAB V PENUTUP

UNTUK lEBIH LENGKAP KLIK LINK BERIKUT: https://www.dropbox.com/s/qffg3tj2qaje00g/PROGRAM%20TAHUNAN%20GUGUSDEPAN.doc?dl=0

















0 comment:

Posting Komentar