Diberdayakan oleh Blogger.

Find Us On Facebook

Jumat, 29 Mei 2020

PROGRAM JANGKA PANJANG GUGUSDEPAN




RENCANA KERJA JANGKA PANJANG
GERAKAN PRAMUKA GUGUSDEPAN
GRESIK 14.077-14.078


















PANGKALAN MTs. YKUI SAMBOGUNUNG
KECAMATAN DUKUN KABUPATEN GRESIK
 Jl. Kh. Ahmad Dahlan RT. 6B RW. 03


TAHUN 20.... – 20......

LEMBAR PENGESAHAN




Rencana Kerja Jangka Panjang Gugusdepan Gresik 14077 – 14078 Pangkalan MTs. YKUI Sambogunung Gresik, disahkan pada sidang Musyawarah Gugusdepan.


Tanggal    : .............................
Di             : Gresik

    
PIMPINAN SIDANG

Ketua                                                            Sekretaris



.....................................                                 ............................

Menyetujui :
Majelis Pembimbing Gugusdepan
Gresik 14077-14078

Ketua




ALI SHODIQIN, S.Pd. MM.
















BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang

Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan untuk kaum muda dengan dukungan dan bimbingan anggota dewasa, terbuka untuk semua, tanpa membedakan asal-usul, ras, suku dan agama, sesuai dengan tujuan, asas-asas dan metode yang dianut Gerakan Pramuka.Gerakan Pramuka didefinisikan sebagai suatu gerakan pendidikan. Ini adalah cirinya yang hakiki. Pendidikan bukan hanya proses memperoleh pengetahuan atau keterampilan tertentu, tetapi sejalan dengan Komisi Internasional tentang Pendidikan untuk Abad Ke-21 (The International Commission on Education for the Twenty-first Century) menyatakan bahwa pend idikan meliputi: (a)  pengembangan kemampuan berpikir atau akal, yaitu “belajar mengetahui”, termasuk “belajar bagaimana belajar” (b) proses untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan tertentu, yaitu “belajar berbuat” (c) pengembangan karakter, “belajar menjadi seseorang”, dan (d) pengembangan sikap dan tingkah laku, “belajar hidup bermasyarakat”.
Arah tujuan dalam pembinaan Pramuka adalah mendidik; bukan menginstruksi, bukan mengajar, tetapi mendidik, yaitu untuk mengeluarkan daya kemampuan dari anak itu, untuk mendidik dirinya sendiri, menurut keinginannya sendiri, menuju ke hal-hal yang akan membentuk karakternya, dengan memperhatikan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Gerakan Pramuka, serta ketentuan-ketentuan pengembangan program pesertadidik yang telah ditetapkan oleh Kwartir Nasional.
Kepramukaan di Gugusdepan MTs. YKUI Sambogunung, merupakan sistem pendidikan yang tergolong pendidikan nonformal, tidak merupakan bagian dari sistem pendidikan formal (sekolah dan sebagainya), tetapi merupakan pendidikan luar sekolah yang terorganisasi.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu, untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan yang wajib dilaksanakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.

Peserta didik harus mengikuti program ekstrakurikuler Pramuka (kecuali bagi yang terkendala), Penjadwalan waktu kegiatan ekstrakurikuler sudah harus dirancang pada awal tahun atau semester dan di bawah bimbingan kepala sekolah atau wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan peserta didik. Jadwal waktu kegiatan ekstrakurikuler pramuka diatur sedemikian rupa sehingga tidak menghambat pelaksanaan kegiatan kurikuler atau dapat menyebabkan gangguan bagi peserta didik dalam mengikuti kegiatan kurikuler.

B.   Tujuan dan Manfaat
1.    Tujuan Penyusunan RKP
Tujuan penyusunan Rencana Kerja Jangka Panjang Gugusdepan adalah:
1)    Menjamin agar tujuan dan sasaran pramuka dapat  dicapai;
2)    Mendukung koordinasi antar pembina ;
3)    Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik intra pelaku di sekolah, antar sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, dan antar waktu;
4)    Menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pelaporan dan pengawasan;
5)    Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat;
6)    Menjamin penggunaan sumber daya sekolah yang  ekonomis, efisien, efektif, berkeadilan, berkelanjutan serta memperhatikan kesetaraan gender.
2.    Manfaat
Rencana Kerja Jangka Panjang Gugusdepan bermanfaat memberi arah dan bimbingan kepada para pembina ekstrakurikuler pramuka dalam rangka menuju perubahan atau tujuan sekolah yang lebih baik (peningkatan, pengembangan karakter) dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan.

C.   Landasan Hukum
1.    Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka
2.    Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
3.    Petunjuk Penyelenggaraan Gugusdepan Pramuka.

D. Sistematika Program

BAB I  PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
B.     Tujuan dan Manfaat
C.    Dasar Hukum
D.    Sistematika Program
BAB II PROFIL GUGUSDEPAN
A.     Identitas Gugusdepan
B.     Visi, Misi dan Tujuan Gugusdepan
C.    Data Potensi Pembina Gugusdepan
D.    Data Potensi Peserta Didik
E.     Keadaan Saranaa dan Prasarana
BAB III PROGAM TAHUNAN GUGUSDEPAN
BAB IVRENCANA ANGGARAN KERJA TAHUNAN
BAB V PENUTUP

Untuk mengetahui lebih lengkap clik link: https://www.dropbox.com/s/vha9x7j27xfnr1t/PROGRAM%20KERJA%20GUGUSDEPAN%203%20TAHUN.rtf?dl=0

0 comment:

Posting Komentar