Diberdayakan oleh Blogger.

Find Us On Facebook

Selasa, 22 Januari 2019

PENYELESAIAN SYARAT PRAMUKA GARUDA PENGGALANG

PENYELESAIAN SYARAT PRAMUKA GARUDA
GOLONGAN PENGGALANG

Pramuka Garuda merupakan pramuka berusia 11-15 tahun yang telah menyelesaikan syarat tingkat kecakapan tertinggi pada jenjang pendidikan (golongan) masing-masing. Secara pribadi pramuka garuda seorang pramuka yang memiliki kepibadian menjadi teladan di lingkungan keluarga, sekolah, gugusdepan dan msyarakat.
Untuk mencapai Pramuka Garuda harus menyelesaikan uji Syarat Pramuka Garuda (SPG). Tanda Pramuka Garuda merupakan tanda kecakapan tertinggi yang diberikan kepada seorang peserta didik  pramuka yang memenuhi syarat Pramuka Garuda. Dasar hukum dan panduan penyelenggaraan pramuka garuda diatur berdasarkan SK Kwartir Nasional Nomor Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 038 TAHUN 2017, tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.
Tujuan pencapain Pramuka Garuda Penggalang adalah memberikan motifasi kepada Peserta Didik agar senantiasa mengamalkan Satya dan Darma Pramuka, meningkatkan kualitas dirinya secara terus-menerus, dan dapat menjadi teladan yang baik bagi sesama anggota Gerakan Pramuka maupun masyarakat luas, khususnya anggota muda, memberikan kebanggaan bagi kaum muda atas perbuatan baik yang senantiasa dilakukan, dibiasakan dan dibudayakan melalui Gerakan Pramuka dan dalam kesehariannya, menarik minat kaum muda, terutama Peserta Didik untuk mengikuti jejak Pramuka Garuda.
Seorang Pramuka Penggalang ditetapkan sebagai Pramuka Penggalang Garuda jika telah memenuhi syarat: 
1.   Telah menyelesaikan SKU tingkat Penggalang Terap dan berlatih sekurang-kurangnya 2 (dua) bulan setelah dilantik.
2.   Telah memiliki Tanda Kecakapan Khusus (TKK) untuk Pramuka Penggalang sekurangkurangnya 5 (lima) macam dari masing-masing bidang Kecakapan Khusus, sekurangkurangnya 2 (dua) macam Tingkatan Utama dan 3 (tiga) macam Tingkat Madya. Jenis TKK yang diwajibkan berdasarkan ketentuan gugusdepan dimana Penggalang berada. 
3.   Menjadi contoh yang baik dalam Pasukan Penggalang, di rumah, di sekolah, dan bermanfaat bagi lingkungan pergaulannya, sesuai dengan satya dan darma Pramuka. 
4.   Dapat membuat hasta karya, sekurang-kurangnya 6 (enam) macam. 
5.   Dapat menggunakan Komputer, teknologi informasi minimal internet.
6.   Dapat berkomunikasi menggunakan salah satu bahasa international.

Untuk lebih lengkap klik disini:SPG GOLONGAN PENGGALANG

0 comment:

Posting Komentar