Diberdayakan oleh Blogger.

Find Us On Facebook

Sabtu, 01 Oktober 2016

RPP PPKn KURIKULUM 13 KELAS 7

Image result for gambar rpp
RPP PPKn KULIKULUM 2013

           Seiring dengan diterapkannya Kurikulum 2013 disemua jenjang pendidikan, maka profesional guru dituntu untuk dapat mengembangkan salah satu tugas pokoknya yaitu menyusun perangkat pembelajaran.
           Persoalan besar yang kini dihadapi para guru atau pendidik adalah kelengkapan berkas RPP, Silabus, Program Tahunan, Program Semester dan Perangkat Penilaian. Dari sekian kali pada guru diadakan diklat Kurikulum 2013 mulai digulirkan sampai sekarang, banyak guru yang mengeluh akan kesiapan perangkat pembelajaran. 
           Salah satu permasalah besar adalah kita sudah dibiasakan dengan kondisi serba instan. Hasil pengamatan yang ada dalam pelatihan sering para tutor yang memberikan diklat sering menggunakan metode cerama. Menjelaskan apa itu Kurikulum 13 dan tugas kelompok. 
         Sebenarnya keberhasilan diklat sangat ditentukan oleh desain diklat. Untuk keberhasilan tersebut yang paling utama adalah bagaimana peserta dapat menyusun perangkat dan melaksanakan pembelajaran saintifik. Sehingga dalam desain diperlukan metode diklat dengan pendekatan sekmental. Pendekatan sekmental adalah suatu pembelajaran dalam diklat dilaksanakan dengan pengalaman, dimana peserta diajak langkung mengalami sebenarnya. Karena dengan pengalaman tersebut peserta akan dapat meningkatkan ketrampilannya. Contoh: Jika tujuan diklat peserta dapat menyusun RPP, maka peserta diajak menyusun RPP sungguhan kemudian mempraktekkan apa yang telah disusun mulai dari: perencanaan, kegiatan inti, penutup dan evaluasi.
           Salasah satu kelemahan dalam diklat praktek menyusun perangkat dan pelaksanaan dilakukan dalam bentuk kelompok. Akhirnya siapa yang tampil dialah yang paling berhasil. Sementrara itu keberhasilan dalam diklat diukur hanya pada hasil pre tes dan pos tes.
           Persoalan besar yang sebenarnya perlu diberantas adalah kebanyakkan para pendidik kita dalam kegiatan pelatihan dan diklat adalah mereka mesara sudah bisa. Ya .... paling-paling begitu.. aja!... Tapi ketiga kembali .... ditanya payang anda peroleh ....... baru mereka ..... jawab ya begitu-begitu saja hasilnya. 
            Kebanyakkan pula setelah kembali kesekolah para peserta tidak menerapkkan sebagaimana, yang telah diharapakan oleh penyelenggara. Disilah mental yang diharapkan perubahan paradikma dalam Kurikulum 2013 sulit untuk dapat berkembang dengan baik.

pertanyaan besar kita adalah apakah kita seperti itu? ..................................

Butuh contoh RPP K-13 PPKn kelas 7 download klik disini RPP KD 3.1 PPKn Kelas 7 K-13

0 comment:

Posting Komentar