Diberdayakan oleh Blogger.

Find Us On Facebook

Organisasi Profesi Guru

Presiden Jokowi memberi hormat kepada Guru-Guru se Indonesia.

Tema Gambar Slide 2

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Tema Gambar Slide 3

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Senin, 24 Oktober 2016

NARA KARYA 2 KWARTIR CABANG GRESIK

DATA PESERTA NARAKARYA 1 dan 2 KWARCAB GRESIK
TAHUN 2016

Image result for FOTO PRAMUKA
          Untuk memantapkan kemampuan membina Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gresik, telah mengadakan Narakarya 1 dan 2 mulai bulan Pebruari s/d Juni 2016, yang diikuti oleh Pembina Pramuka Lulusan KMD di Kwartirranting-kwartirranting.


untuk mengetahui data dapat anda unduh disini PESERTA NARAKARYA 1 2016
DATA PESERTA KARANG PAMITRAN KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA GRESIK
TAHUN 2016 DI KWARRAN UJUNGPANGKAH

Image result for FOTO PRAMUKA
Add caption
         Dalam rangka meningkatkan ketrampilan membina Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gresik
bekerja sama dengan Kwartir Ranting Ujungpangkah menyelenggarakan kegiatan karang Pamitran Pembina.
        Untuk lebih lengkap daftar peseta klik dan dounwnlod disiniPESERTA KARANG PAMITRAN UJUNGPANGKAH

Sabtu, 15 Oktober 2016

 
TATA LAKU RENUNGAN DAN ULANGJANJI
HARI PRAMUKA KWARTIR CABANG GERAKAN PRAMUKA GRESIK
TAHUN 2016

           Gerakan Pramuka merupakan organisasi yang diberikan amanat untuk mendidik dan membina kaum muda Indonesia untuk menjadi warga negara yang Bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, trampil dan memiliki kepedulian pada diri sendiri serta masyarakat dibawa tanggung jawab orang dewasa.
        Seiring dengan perjalan Gerakan Pramuka yang lebih dari setengah abad ini, pendidikan kepramukaan telah banyak menyumbangkan pembinaan dan menjadikan banyak orang yang hebat yang duduk sebagai Pejabat Tinggi Negara, Pengusaha Sukses, Ilmuan dan lainnya. Namun selama itu pula kependidikan Kepanduan Nasional kita, mulai ditinggalkan para generasi muda kita, dengan alasan tidak menarik, membosankan, dan tidak menzaman.
          Sementara organisasi ditetangga kita yang lain, mulai banyak diminati. Sehingga di Malam Hari Pramuka tepatnya pada 14 Agustus 2016 Pukul. 00.00 WIB. ini saatnya kita merenung dan merefleksi diri sebagai anggota pramuka dewasa. Beberapa pertanyaan yang harus kita pecahan sebagai refleksi diri adalah: a) Apa yang terjadi dengan Pramuka kita?..., b) Kenapa mulai tidak diminati para generasi muda? ..., c) Apa yang salah dan apa yang kurang pada diri kita...?.
           Pertanyaan tersebut ditamba lagi dengan fenomena yang terjadi di Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini. Moralitas bangsa yang semakin menurun yang ditandai tingkat kepedulian renda, perbuatan asusila dianggap biasa, korupsi dan penggunakan obat-obatan terlarang menjadi suatu kebutuhan. Penegakkan hukum hanya untuk orang yang lemah, sedang orang yang kaya (kuat) tidak tesentuh. Keadilan hanya sebagai slogan dan sembosan pejabat.
          Inilah kiranya perlunya kita sebagai orang yang sadar dan peduli pada permasalahan bangsa ini untuk merenung dan mengikat tali suci janji kita Tri Satya dan Dharma Pramuka, sebagai ikatan bela negara dengan ikhlas bakti bina bangsa berbudi bawa laksana. Dengan harap masih ada satu atau dua anak muda yang dapat kita sematkan yang nantinya akan memimpin bangsa ini dimasa depan sehingga Indonesia akan semakin jaya. Jayalah Pramuka, jayalah Indonesia.

Untuk mendapatkan secara lengkap douwnloud disi SKENARIO TATA LAKU RENUNGAN DAN ULANGJANJI PRAMUKA

Kamis, 06 Oktober 2016

BAGIAN AWAL LAPORAN PKP

Image result for GAMBAR PENELITIAN
BAGIAN AWAL LAPORAN PKP


Laporan PKP merupakan laporan karya ilmia. dalam penyusunnannya maka mengikuti alur laporan karya ilmia. Bagian awal laporan PKP merupakan bagian pendahuluan yang memuat:
1. Kafer sampul
2. Halaman Judul
3. Lembar Pengesahan
4. Lembar Pernyataan Bebas Plagiat
5. Kata Pengantar
6. Daftar Isi
7. Daftar Tabel
8. Daftar Gambar
9. Daftar Lampiran
10. Abstrak 
untuk mendapatkan berkas bagian awal laporan PKP/ download klik disi BAGIAN AWAL LAPORAN PKP

Senin, 03 Oktober 2016

SISTEMATIKA BAB IV PTK DAN PKP

Image result for gambar penelitian
KERANGKA PENYUSUNAN SISTEMATIKA BAB IV PTK DAN PKP


BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Diskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran
1.      Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran
a.      Prasiklus
b.      Siklus 1
1)      Pelaksanaan:
Jelaskan kapan pelaksanaan perbaikan pembelajaan siklus 1 dilakukan.
2)      Obserfasi:
Paparkan hasil observasi: 1) Kegiatan Guru, 2) Aktivitas Siswa, 3) Hasil Tes
3)      Refleksi
Rangkup (dalam bentuk deskrisi) hasil observasi pada kegiatan guru, aktivitas siswa dan hasil tes. Analisis tingkat keberhasilan siswa dalam belajar dan apa sebab berhasil dan tidak berhasil, sehingga dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus 2.
c.       Siklus 2
1)      Pelaksanaan:
Jelaskan kapan pelaksanaan perbaikan pembelajaan siklus 2 dilakukan.
2)      Obserfasi:
Paparkan hasil observasi: 1) Kegiatan Guru, 2) Aktivitas Siswa, 3) Hasil Tes
3)      Refleksi
Rangkup (dalam bentuk deskrisi) hasil observasi pada kegiatan guru, aktivitas siswa dan hasil tes. Analisis tingkat keberhasilan siswa dalam belajar dan apa sebab berhasil dan tidak berhasil, jika berhasil maka kegiatan perbaikan pembelajaran siklus 2 dihentikan.

2.      Hasil Penelitian
Paparkan hasil temuan penelitian.
Alinea 1: Rangkuman siklus 1
Alinea 2: Rangkuman siklus 2
Alinea 3: Paparan hasil penelitian pada siklus 1 dan 2 susun dalam bentuk table dan diagram. Kemudian berikan pernyataan tingkat keberhasilan.

B.     Pembahasan
Pembahasan memaparkan hasil temuan penelitian dengan membandingkan teori pakar ahli.
Alinea 1: temuan pada siklus 1 (masukkan rangkuman siklus 1) bandingkan dengan pendapat pakar akhli yang berkaitan dengan metode yang digunakan atau aktivitas belajar.
Alinea 2: temuan pada siklus 2 (maskukkan rangkuman siklus 2) paparkan keberhasilan dan dukung dengan pendapat pakar ahli yang berbaikan dengan metode atau aktifitas belajar anak
Alinea 3 berikan pernyataan yang hasil penelitian dengan menjawab hipotesis yang anda gunakan.

Untuk mengetahui lebih lengkap dan download klik disi SITEMATIKA BAB IV PTK DAN PKP

Sabtu, 01 Oktober 2016

Image result for GAMBAR PROGRAM SEMESTER
PROGRAM TAHUNAN DAN SEMESTER PPKn KELAS 7 
KURIKULUM 2013

Untuk melangkapi administrasi pembelajaran dalam pemberkasan PKG khususnya
guru profesional yang telah sertivikasi dibutuhkan :
1. Kalender Pendidikan
2. Analisis Pekan Effektif
3. Program Tahunan
4. Program Semester
5. Pemetaan
6. Ketuntasan Belajar Minimal (KBM)
7. Silabus
8. RPP
9. Daftar Penilaian
10. Agenda Mengajar
11. Tugas Tambahan
jangan lupa dilampiri surat tugas mengajar dan jadwal mengajar

butuh kelengkapan untuk download klik disini PROGRAM SEMESTER PPKN KELAS 7 K-13

RPP PPKn KURIKULUM 13 KELAS 7

Image result for gambar rpp
RPP PPKn KULIKULUM 2013

           Seiring dengan diterapkannya Kurikulum 2013 disemua jenjang pendidikan, maka profesional guru dituntu untuk dapat mengembangkan salah satu tugas pokoknya yaitu menyusun perangkat pembelajaran.
           Persoalan besar yang kini dihadapi para guru atau pendidik adalah kelengkapan berkas RPP, Silabus, Program Tahunan, Program Semester dan Perangkat Penilaian. Dari sekian kali pada guru diadakan diklat Kurikulum 2013 mulai digulirkan sampai sekarang, banyak guru yang mengeluh akan kesiapan perangkat pembelajaran. 
           Salah satu permasalah besar adalah kita sudah dibiasakan dengan kondisi serba instan. Hasil pengamatan yang ada dalam pelatihan sering para tutor yang memberikan diklat sering menggunakan metode cerama. Menjelaskan apa itu Kurikulum 13 dan tugas kelompok. 
         Sebenarnya keberhasilan diklat sangat ditentukan oleh desain diklat. Untuk keberhasilan tersebut yang paling utama adalah bagaimana peserta dapat menyusun perangkat dan melaksanakan pembelajaran saintifik. Sehingga dalam desain diperlukan metode diklat dengan pendekatan sekmental. Pendekatan sekmental adalah suatu pembelajaran dalam diklat dilaksanakan dengan pengalaman, dimana peserta diajak langkung mengalami sebenarnya. Karena dengan pengalaman tersebut peserta akan dapat meningkatkan ketrampilannya. Contoh: Jika tujuan diklat peserta dapat menyusun RPP, maka peserta diajak menyusun RPP sungguhan kemudian mempraktekkan apa yang telah disusun mulai dari: perencanaan, kegiatan inti, penutup dan evaluasi.
           Salasah satu kelemahan dalam diklat praktek menyusun perangkat dan pelaksanaan dilakukan dalam bentuk kelompok. Akhirnya siapa yang tampil dialah yang paling berhasil. Sementrara itu keberhasilan dalam diklat diukur hanya pada hasil pre tes dan pos tes.
           Persoalan besar yang sebenarnya perlu diberantas adalah kebanyakkan para pendidik kita dalam kegiatan pelatihan dan diklat adalah mereka mesara sudah bisa. Ya .... paling-paling begitu.. aja!... Tapi ketiga kembali .... ditanya payang anda peroleh ....... baru mereka ..... jawab ya begitu-begitu saja hasilnya. 
            Kebanyakkan pula setelah kembali kesekolah para peserta tidak menerapkkan sebagaimana, yang telah diharapakan oleh penyelenggara. Disilah mental yang diharapkan perubahan paradikma dalam Kurikulum 2013 sulit untuk dapat berkembang dengan baik.

pertanyaan besar kita adalah apakah kita seperti itu? ..................................

Butuh contoh RPP K-13 PPKn kelas 7 download klik disini RPP KD 3.1 PPKn Kelas 7 K-13

CONTOH PENGGUNAAN INSTRUMEN KELENGKAPAN PKP

Image result for gambar ut
PENGGUNAAN ISTRUMEN KELENGKAPAN UJI PKP

Salah satu bentuk kesiapan dalam uji PKP adalah pelaksanaan penelitian tindakan perbaikan pemeblajaran dan kelengkapan uji APKG 1 dan APKG 2. Memperhatian hal tersebut maka mahasiswa dituntut untuk memahami penggunaan istrumen PKP yang harus digunakan.

Mengingat dalam kegiatan PKP Karil adalah melaksanakan dua kegiatan:
1. Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran yang memerlukan berkas:
    a. RPP Perbaikan Pembelajaran Siklus 1 dan 2
    b. Instrumen Penelitian Perbaikan Pembelajaran
        Instrumen yang digunakan adalah:
        1) Instrumen Pelaksanaan Pembelajaran
        2) Instrumen Aktivitas Belajar Siswa
        3) Instrumen Prestasi Hasil Belajar
    c. Penilaian Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran
        1) APKG-PKP 1 siklus 1 dan 2
        2) APKG-PKP 2 siklus 1 dan 2
        3) Berita Acara Pelaksanaan Kegiatan Perbaikan Pembelajaran Siklus 1 dan 2
2. Pelaksanaan UJI PKP
    a. RPP Pembelajaran Eksak dan Non Eksak
    b. Penilaian Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran
        1) APKG-PKP 1 Penilai 1 dan 2
        2) APKG-PKP 2 Penilai 1 dan 2
        3) Berita Acara Pelaksanaan Uji PKP Eksak dan Non Eksak

Untuk contoh kelengkapan instrumen uji PKP dapat di download klik disini Contoh Instrumen Uji PKPContoh Penggunaan Istrumen Pelengkapan PKP