Diberdayakan oleh Blogger.

Find Us On Facebook

Organisasi Profesi Guru

Presiden Jokowi memberi hormat kepada Guru-Guru se Indonesia.

Tema Gambar Slide 2

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Tema Gambar Slide 3

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Jumat, 27 Mei 2016

KISI-KISI PKN KELAS 8 GENAP 2016

















Kisi-kisi merupakan perangkat penilain yang harus disusun oleh guru sebelum melakukan ulangan atau ujian semester.
KLIK DISIKISI-KISI PKn KELAS 8 GENAP 2016

Selasa, 24 Mei 2016

buku Panduan Prestasi Siaga 2016 Kwarcab Gresik

Klik disini untuk downlaodbuku Juknis Prestasi siaga

JUKLAK PRESTASI SIAGA

KLIK DISINI JUKLAK PRESTASI SIAGAJUKLAK PRESTASI SIAGA

BIODATA PESERTA PRESTASI SIAGA

PRESENTASI TEKNIKEL METING PRESTASI SIAGA

KLIK DISINI UNTUK LENGKPNYAPRESENTASI TEKNIKEL METING PRESTAI SIAGA

Rabu, 11 Mei 2016

PEDOMAN PENYELESAIAN TKK

Image result for gambar tkk

TKK
Kecakapan  khusus  adalah  kecakapan,  kepandaian,  ketangkasan, keterampilan dan kemampuan, sikap dan usaha dalam bidang tertentu yang dimiliki seorang pramuka sebagai hasil pendidikan dan latihan serta pengujiannya.
Tanda  Kecakapan  Khusus  disingkkat  T.K.K.  adalah  suatu  tanda  yang menunjukkan  kecakapan,  kepandaian,  ketangkasasn,  keterampilan, kemampuan sikap dan usaha seorang Pramuka di bidang tertentu, sesuai dengan uusia dan kemampuan jasmani dan rokhaninya.
Tujuan  sistem  T.K.K.  adalah  untuk  mendorong  dan  merangsang  para Pramuka  supaya  berusaha  memperoleh  sejumlah  kecakapan  sehingga diharapkan dapat mengatasi kesulitan dan mampu untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat.

Sasaran  sistem  T.K.K.  adalah  agar  setiap  Pramuka  yang  bersangkutan mempunyai  pengetahuan,  kecakapan,  kemampuan  dan  sikap  tertentu, sehingga dapat menimbulkan rasa bangga memiliki tanda kecakapan yang dimaksud.
Klik disini untuk mengetahui isi dan downlaod SKK dan TKK

KISI-KISI KMD



KISI-KISI KMD

Klik dinsi untuk mengetahui lengkapnya
KISI-KISI

PEDOMAN PENGELOLAAN ANGGOTA PRAMUKA

Klik disini untuk mengetahui selengkapnya atau downlaod PEDOMAN PENGELOLAAN PENGEMBANGAN ANGGOTA PRAMUKA

PP PENYELENGGARAAN GUGUSDEPAN


GUGUSDEPAN PRAMUKA
Gugusdepan atau disingkat gudep adalah suatu kesatuan organik terdepan dalam Gerakan Pramuka yang merupakan wadah untuk menghimpun anggota Gerakan Pramuka dalam penyelenggaraan kepramukaan, serta sebagai wadah pembinaan bagi anggota muda dan anggota dewasa muda. Gugusdepan juga berfungsi sebagai pangkalan bagi peserta didik Gerakan Pramuka.

Yang paling banyak didapati adalah gugusdepan yang berpangkalan di sekolah dan perguruan tinggi. Namun gugusdepan tidak harus didirikan di sekolah. Karena secara umum gugusdepan dibentuk berdasarkan wilayah atau biasa disebut sebagai gudep wilayah. Gudep wilayah ini dapat dibentuk dan berpangkalan (bertempat) di :
  • Lembaga Pendidikan, semisal sekolah, kampus perguruan tinggi, asrama, pesantren, dan tempat ibadah.
  • Kelurahan, desa, dan wilayah rukun warga (RW)
  • Instansi pemerintah dan swasta termasuk komplek perumahan pegawainya
  • Perwakilan RI di luar negeri
Setiap gugusdepan tersebut berkewajiban untuk menerima kaum muda (anak berusia 7-25 tahun) yang bertempat tinggal di sekitar wilayah tersebut sebagai anggota tanpa membedakan suku, ras, golongan, dan agama. Sehingga sebuah gugusdepan, contohkanlah gudep yang berpangkalan di sebuah SMP, wajib menerima anggota sekalipun pramuka tersebut tidak bersekolah di SMP tersebut.

Di samping gugusdepan wilayah, pun terdapat gugusdepan yang mengakomodasi anggota pramuka berkebutuhan khusus. Gugusdepan ini terdiri atas :
  • Gudep Pramuka Luar Biasa; yaitu gugusdepan yang menghimpun anggota pramuka yang berkebutuhan khusus atau penyandang cacat yang mengalami gangguan fisik, emosi, perilaku, dan sosial .
  • Gudep Terpadu; yaitu gugusdepan biasa yang sebagian anggotanya pramuka penyandang  cacat.
  • Gudep Inklusif; yaitu gugusdepan biasa yang sebagian anggotanya mengalami gangguan fisik, emosi, perilaku, dan sosial.PP GUGUSDEPAN PRAMUKA

PP PENGGUNAAN TONGKAT PRAMUKA

PENGGUNAAN TONGKAT PRAMUKA
Selain sebagai kelengkapan bagi seorang anggota Pramuka Tongkat mempunyai banyak kegunaan (Multi Guna ) dan Tongkat merupakan suatu kebanggaan bagi anggota Pramuka. Tongkat Pramuka adalah kawan dan senjata multi guna bagi setiap anggota gerakan Pramuka di dalam kehidupan sehari-hari baik dalam tugas, berkemah, Perjalanan ( Survival .) Tidak dipungkiri lagi kegunaanya sangatlah banyak diantaranya sebagai berikut :
1. Sebagai Tiang Tenda/Tenda Darurat ( Bivak )
2. Sebagai Tiang bendera

3. Sebagai Tempat sepatu
4. Sebagai alat penghalau hewan liar , misalnya anjing yang galak
5. Untuk menyeberangi Selokan ( Pendek dan Dangkal )
6. Sebagai Taing Jemuran
7. Untuk membuat Tandu ( Blangkar )
8. Untuk membuat jembatan kecil
9. Untuk memadamkan Api
10. Untuk membantu mengukur jarak , Tinggi

11. Sebagai kawan sewaktu mendaki
12. Sebagai alat berpegang diwaktu malam hari agar tidak mudah jatuh
13. Untuk beristirahat ( Bisa untuk duduk/ dibuat kursi darurat )
14. Untuk kelengkapan baris berbaris
15. Untuk alat bela diri
16. Untuk memanjat tembok yang tinggi
17. Untuk mengukur dalamnya suatau kolam

Ukuran Tongkat yang baik adalah 160 cm( agar bermanfaat digunakan untuk Tandu) tetapi menurut Baden Pawell, tongkat itu sebaiknya setinggi hidung masing-masing. Adapun warna mengacu pada seragam pramuka bisa coklat maupun kuning. Tongkat juga sebagai alat ukur, sehingga dalam memberi warna maka harus menunjukkan ukuran tertentu. Sehingg dapat digunakan pramuka mengukur dalam bentuk Cm, dan Meter.

Klik disini untuk mengetahui dan Downlaod PP TONGKAT PRAMUKA

PETUNJUK PENYELENGGARAAN SERAGAM PRAMUKA



PETUNJUK PENYELENGGARAAN SERAGAM PRAMUKA
Gerakan  Pramuka  adalah  organisasi  yang  menyelenggarakan pendidikan  kepramukaan,  yang  pelaksanaannya  disesuaikan dengan  keadaan,  kepentingan,  dan  perkembangan  bangsa serta masyarakat Indonesia.
Gerakan Pramuka mempunyai ciri khas antara lain digunakannya pakaian  seragam  anggota  Gerakan  Pramuka  berikut  tanda pengenalnya.
Anggota  Gerakan  Pramuka  mengenakan  pakaian  seragam, yang bentuk, warna dan tata cara pemakaiannya disesuaikan dengan  jenis  kelamin,  perkembangan  jasmani  dan  rohani, kegiatan  yang  dilakukan,  serta  disesuaikan  dengan  keadaan dan  perkembangan  masyarakat.  Pemakaian  pakaian  seragam diatur oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka selanjutnya disebut Pakaian  Seragam  Pramuka  adalah  pakaian  yang  dikenakan oleh  semua  anggota  Gerakan  Pramuka  yang  bentuk,  warna, dan tata cara pemakaiannya ditentukan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Warna  Pakaian  Seragam  Pramuka  adalah  coklat  muda  dan coklat  tua.  Warna  tersebut  dipilih  dari  salah  satu  warna yang  banyak  dipakai  oleh  para  pejuang  kita  di  masa  perang kemerdekaan (1945-1949).

Klik disini untuk mengetahui dan downlaod

ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA GERAKAN PRAMUKA


View Full Sized Screenshot
PENGERTIAN DAN FUNGSI AD/ART GERAKAN PRAMUKA
  • PENGERTIAN
  1. AD/ART merupakan ketentuan dasar dan ketentuan operasional bagi suatu organisasi yg mencerminkan aspirasi, visi dan misi Gerakan Pramuka Indonesia
  2. Pengikat persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka dalam prinsip, idealisme, tindaklaku, baik organisatoris, sosial, maupun budaya
  3. Suluh & landasan gerak organisasi Gerakan Pramuka dalam mencapai tujuannya
  4. Landasan manajemen & pemberdayaan sumberdaya Gerakan Pramuka
  • FUNGSI
AD/ART merupakan landasan kerja dan landasan gerak Gerakan Pramuka dalam mewujudkan visi dan misinya.
LANDASAN HUKUM GERAKAN PRAMUKA
  • KEPPRES No 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka, dengan pertimbangan:
  1. anak-anak dan pemuda Indonesia perlu dididik untuk menjadi manusia dan warga Negara Ind. Yg berkepribadian dan berwatak luhur dst.
  2. untuk mencapai maksud dan tujuan tsb harus dilakukan dilingkungan anak-anak dan pemuda di samping lingkungan kel. dan sek.
  3. sesuai Tap MPRS No I/MPRS/1960 ttg GBHN dan Tap MPRS No II/MPRS/1960 ttg Garis-garis Besar Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana Tahapan Pertama ’61-’69 mengenai pendidikan pada umumnya dan pendidikan kepanduan pada khususnya, perlu menetapkan suatu organisasi gerakan pendidikan kepanduan tunggal untuk diberi tugas melaksanakan pendidikan tersebut di atas


Klik disini untuk mengetahui selengkapnya AD dan ART Gerakan Pramuka

UU NO. 12 TAHUN 2010 Tentang Gerakan Pramuka

View Full Sized Screenshot
salah satu landasan hukum Pendidikan Gerakan Pramuka adalah UU no 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
Klik disi untuk mengetahui selengkapnya UU No. 12 Tahun 2010, tentang Gerakan Pramuka

Senin, 09 Mei 2016

PENILAIAN dan UMPAN BALIK Peserta KMD

KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR
1. Tujuan
    Tujuan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, disingkat KMD, adalah untuk memberi bekal     pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui kepramukaan dalam Satuan     Pramuka ialah Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega.
2. Sasaran
Peserta setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, mampu : Menjelaskan apa, mengapa, bagaimana, sasaran dan tujuan Kepramukaan serta perkembangannya. Menerapkan kepramukaan secara efektif dan efisien dalam membina Pramuka sesuai dengan  golongannya. Menjelaskan apa, mengapa, bagaimana sasaran dan tujuan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode     Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka, Kiasan Dasar Kepramukaan dan Motto Kepramukaan   serta menerapkannya dalam membina Pramuka sesuai dengan golongannya.
Dalam meningkatkan pelayanan dan mutuh pelatihan sehingga diperlukan umpan balik dari peserta.
Klik disini untuk downlaod Penilan dan Umpan Balik KMDPenilaian dan Umpan Balik KMD

TANDA JEJAK

TANDA JEJAK
Tanda jejak adalah merupakan tanda yang dapat menandai dan menunjukkan suatu tempat, arah atau keadaan alam. Fungsi Tanda Jejak adalah sebagai alat yang menunjuk bagi pramuka pada kegiatan di alam bebas, sehingga dapat mengetahui kondisi alam yang sebenarnya.
Dalam pendidikan gerakan pramuka tanda jejak digunakan sebagai alat pendidikan yang menarik dan menantang. Sebagai alat pendidikan tanda jejak merupakan salah satu materi yang dibungkus dalam bentuk permainan (Wide game). Wide Game merupakan permainan penjelajahan di alam terbuka dalam bentuk mencari jejak (orienteenering) dengan menggunakan tanda-tanda jejak, memuat peta, mencatat berbagai situasi.
Tujuan : menumbuhkan kreatifitas, tanggungjawab, teliti dalam bertindak, jujur dalam memberaikan informasi, kerjasama, kewaspadaan dan dapat memanfaat konsisi alam dalam kehidupan.

Image result for tanda jejakKlik disini untuk downlaod TANDA JEJAK
Image result for tanda jejak

SANDI DAN ISYARA


Klik disini untuk downlaod SANDI dan ISYARAH

Image result for isyarat